Indonesia Menyampaikan Rasa Duka dan Siap Bantu Tanggulangi Kebakaran Australia

Indonesia Menyampaikan Rasa Duka dan Siap Bantu Tanggulangi Kebakaran Australia
Australia telah menerima bantuan dari negara-negara tetangganya, termasuk dari kawasan Pasifik yang berkomitmen memberikan uang dan tenaga. (AAP: Andrew Brownbill)

Indonesia telah menyampaikan rasa dukanya kepada perwakilan Australia di Jakarta atas bencana kebakaran semak yang sedang berlangsung di beberapa negara bagian.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menerima wakil duta besar Australia di kantornya hari Senin (6/1/2020).

"Indonesia menyampaikan duka terdalam dan simpati dari kebakaran hutan yang masih terjadi di seluruh Australia," tulis Retno di akun Twitter Menlu.

External Link: Menlu RI

 

Sebelumnya ABC Indonesia melaporkan sejumlah tetangga terdekat Australia telah memberikan bantuan, baik berupa uang dan tenaga, untuk atasi kebakaran yang telah menghanguskan 6 juta lahan hutan dan semak-semak.

Negara Vanuatu telah berkomitmen untuk berikan AU$ 250.000, sementara Papua Nugini siap menurunkan 1.000 pasukan tentara dan pemadam kebakaran.

Sementara itu hari Senin (6/01), Singapura telah mengirimkan dua helikopter bermesin ganda ke Australia untuk membantu memadamkan api.

"Dua [helikopter jenis] Chinooks telah bersiap terbang dari utara Australia ke East Sale [di Victoria], yang menjadi titik tolak kita untuk beroperasi," kata PM Australia, Scott Morrison.

Indonesia telah menyampaikan rasa dukanya kepada perwakilan Australia di Jakarta atas bencana kebakaran semak yang sedang berlangsung di beberapa negara bagian

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News