Indonesia Miskin Politisi Berjiwa Negarawan

Indonesia Miskin Politisi Berjiwa Negarawan
Indonesia Miskin Politisi Berjiwa Negarawan
JAKARTA – Mantan Ketua DPR, Akbar Tandjung, menyatakan bahwa  belum banyak politisi di Indonesia yang mempunyai jiwa kenegarawanan.  “Artinya, politisi-politisi tersebut tidak memikirkan kepentingan bangsa secara keseluruhan,” kata Akbar dalam diskusi kenegaraan di DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (12/9).

           

Menurutnya, politisi yang tak berjiwa negarawan hanya memikirkan kepentingan pribadi maupun kelompok mereka semata. “Kita sudah kebanjiran politisi seperti itu,” kata mantan Ketua Umum Partai Golkar itu.

           

Akbar menegaskan, Indonesia membutuhkan politisi-politisi yang mampu menjadi pelaku-pelaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karenanya, dia mengingatkan perlunya membangun sistem politik yang menghasilkan politisi-politisi negarawan.

           

“Kalau politisi hanya memikirkan jangka pendek, sedangkan negarawan itu memikirkan jangka panjang. Kita harus dorong terus partai menciptakan sistem yang melahirkan kepemimpinan yang demokratis, menciptakan proses kaderisasi yang berkesinambungan,” bebernya.

           

JAKARTA – Mantan Ketua DPR, Akbar Tandjung, menyatakan bahwa  belum banyak politisi di Indonesia yang mempunyai jiwa kenegarawanan. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News