Indonesia Punya Kinerja Terbaik Dalam Hal Pengaruh Diplomatik, Tapi Lemah Secara Militer

Indonesia Punya Kinerja Terbaik Dalam Hal Pengaruh Diplomatik, Tapi Lemah Secara Militer
Indonesia dipandang sebagai negara dengan posisi kekuatan menengah di Asia, menempati peringkat ke-9 dari 26 negara.  (Lowy Institute)

Indonesia dipandang berkinerja terbaik dalam menghadapi ancaman dan kesulitan, serta dalam hal pengaruh diplomatik. Ini karena Indonesia punya peran penting di ASEAN dan pernah jadi tuan rumah G20.

Inilah hasil survei Asia Power Index 2023 Lowy Institute, sebuah lembaga pemikir terkemuka di Australia, yang baru dirilis tadi malam.

Secara keseluruhan, dari 10 kriteria pengukuran, Indonesia menempati posisi ke-9 dari 26 negara dengan skor 19,4 dari 100 poin.

Karena itu, Lowy Institute menempatkan Indonesia sebagai kekuatan menengah di Asia sepanjang tahun 2022.

Dari 26 negara yang disurvei, Indonesia adalah satu dari enam negara yang mencatatkan peningkatan skor secara keseluruhan, meski masih berada di bawah skor pra-pandemi.

Indonesia mencatat peningkatan terkuat dalam kriteria daya tahan terhadap ancaman dan permasalahan, naik tiga peringkat ke urutan ke-7.

Pengaruh diplomatiknya terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat, mencerminkan peran pentingnya di ASEAN dan sebagai Ketua G20 tahun 2022.

Indonesia memberikan pengaruh yang sedikit lebih besar, seperti yang ditunjukkan oleh skor kesenjangan kekuatan positif yang terus membaik pada tahun 2022.

Indonesia dipandang memiliki kinerja terbaik dalam menghadapi ancaman dan kesulitan-kesulitan, serta dalam hal pengaruh diplomatik

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News