Indonesia Seriusi Wisata Cruise

Indonesia Seriusi Wisata Cruise
Indonesia Seriusi Wisata Cruise
JAKARTA - Wisata kapal pesiar atau sering disebut cruise, di Indonesia masih belum mendapat perhatian khusus. Terbukti dengan masih belum banyaknya pelabuhan khusus kapal cruise di Indonesia, serta masih banyaknya peraturan imigrasi yang menghambat kedatangan kapal-kapal pesiar mewah dari berbagai negara ini. Padahal, potensi kelautan nusantara ini berkelas dunia.

Untuk itulah, pemerintah berencana akan serius memperhatikan wisata kapal pesiar ini. Salah satunya dengan rencana kerjasama dengan pemerintah Singapura untuk membuat pelabuhan-pelabuhan cruise, di mana nantinya kapal-kapal ini akan bergerak menuju ke seluruh daerah wisata di Indonesia melalui jalur laut.

"Dalam puncak pertemuan bilateral antara Indonesia dengan Singapura kemarin, memang kita membicarakan masalah pelabuhan cruise ini juga. Sekarang sudah ada kita buat pelabuhan di Semarang, wisatawannya ke Borobodur dan keliling-keliling, tapi tidurnya tetap di kapal," kata Menteri Pariwisata Jero Wacik, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (6/1).

Saat ini, kata Jero, pelabuhan-pelabuhan untuk cruise sudah mulai ada di tepi laut Surabaya, Batam dan Bali. Tapi, belum ada dermaga khusus. Sebagian besar cruise saat ini masih banyak berlabuh di tengah laut.

JAKARTA - Wisata kapal pesiar atau sering disebut cruise, di Indonesia masih belum mendapat perhatian khusus. Terbukti dengan masih belum banyaknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News