Indonesia Siap Buktikan Terdepan dalam Isu Kebencanaan

Indonesia Siap Buktikan Terdepan dalam Isu Kebencanaan
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia Retno L. P. Marsudi menyampaikan Indonesia selaku tuan rumah penyelenggaraan Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana (GPDRR) 2022 ingin menunjukkan kepemimpinan-nya pada isu-isu kebencanaan.

Alasannya, Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan GPDRR sehingga itu menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan pengalaman dan pencapaiannya dalam kesiapsiagaan bencana.

"Arti Indonesia sebagai tuan rumah GPDRR tahun ini, pertama, tentunya ingin menunjukkan kepercayaan dunia atas kepemimpinan Indonesia sebagai champion issue (pemimpin dalam isu) kebencanaan," kata Retno di Badung, Bali, Selasa, usai meninjau kesiapan lokasi acara GPDRR di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Tidak hanya itu, Indonesia sebagai penyelenggara GPDRR tahun ini bersama Badan PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana (UNDRR) juga berharap acara tersebut dapat menjadi ajang pertukaran ide, pengalaman, pemikiran, peningkatan kapasitas berbagai lembaga di tingkat dunia sampai nasional dalam kesiapsiagaan bencana.

"Dari waktu ke waktu, kita selalu menghadapi bencana, dan (GPDRR) ini merupakan platform yang paling tepat, karena ini platform multi-stakeholders yang paling tepat untuk melakukan exchange of experiences, best practices, capacity building, dalam penanganan bencana," tutur dia.

Terakhir, Menteri Luar Negeri RI menyampaikan Indonesia sebagai tuan rumah GPDRR tahun ini berharap kegiatan itu menjadi wadah kolaborasi antar-pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah, organisasi masyarakat sipil, lembaga nonpemerintah, akademisi, dan pelaku usaha.

"Ini pertemuan UN (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang sangat penting di bidang disaster risk reduction (pengurangan risiko bencana, Red.), yang paling besar, dan ini besar dari segi size (jumlah peserta, karena tadi saya sampaikan sekitar 70 persen dari sekitar 6.000 orang akan datang in person (langsung, red.), dan sekali lagi ini akan mendorong agar negara-negara dunia terus melakukan kerja sama dan kolaborasi penanganan bencana dan mengubah risiko bencana jadi ketahanan terhadap bencana," ujar Retno.

GPDRR atau Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana merupakan merupakan forum antarnegara dan lintas lembaga yang membahas upaya dunia mengurangi risiko bencana. Dalam pertemuan itu, para delegasi mengevaluasi penerapan Sendai Framework/Kerangka Kerja Sendai, yang menjadi acuan negara-negara dalam membuat kebijakan kesiapsiagaan dan program-program kebencanaan lainnya.

Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana (GPDRR) 2022

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News