Industri Kreatif Bisa Berkembang Jadi Pariwisata

Industri Kreatif Bisa Berkembang Jadi Pariwisata
Pasangan RINDU, Ridwan Kamil (kanan) bersama Uu Ruzhanul Ulum (kiri). Foto Instagram

jpnn.com, PURWAKARTA - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mendorong indsutri kratif bisa berkembang menjadi pariwisata, sehingga tidak hanya sebagai pusat produksi saja.

Menurutnya Jawa Barat mempunyai banyak potensi industri kreatif yang hanya berpaku pada produksi, padahal jika hanya mengandalkan pada satu sektor usaha, penghasilan yang didapatkan tidak terlalu besar.

"Industri kreatif itu bisa juga dikembangkan menjadi industri pariwisata, selain sebagai pusat produksi bisa juga menjadi wisata edukasi," tutur Uu ketika mengunjungi sentra pembuatan kerajinan keramik di Kecamatan Plered Kabupten Purwakarta, Rabu (2/5).

Dia mencontohkan di Garut terdapat sentra dodol yang disamping menjadi tempat produksi, juga digunakan untuk pariwisata.

Hal tersebut kata dia bisa juga diterapkan di sentra pembuatan keramik Plered.

"Saya sendiri senang bisa melihat proses pembuatan keramik atau gerabah, tempat produksi industri kreatif seperti ini merupakan peluang dijadikan tempat pariwisata," kata Pendamping Ridwan Kamil tersebut.

Dengan cara seperti itu maka perajin-perajin atau sentra kerajinan tidak hanya mengandalkan pendapatan dari penjualan produk saja, melainkan ada tambahan dari jasa pariwisata.

Menurutnya, ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari pengembangan industri kreatif ke pariwisata, seperti edukasi kepada masyarakat bagaimana proses pembuatan sebuah barang, juga akan membantu pemasaran barang.

Industri kreatif itu bisa juga dikembangkan menjadi industri pariwisata terutama wisata edukasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News