Inflasi 2010 Diprediksi Lampaui Target

Inflasi 2010 Diprediksi Lampaui Target
Inflasi 2010 Diprediksi Lampaui Target
JAKARTA - Dikarenakan harga beras dan beberapa komoditi pokok lainnya mengalami peningkatan hingga akhir tahun, Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi inflasi sepanjang 2010 akan melampaui target. Saat ini dikatakan, laju inflasi 2010 semakin mendekati proyeksi Bank Indonesia (BI), pada poin 6 persen. Sementara, target pemerintah dalam APBN-P 2010, inflasi sebesar 5,3 persen.

"Tapi sampai di November 2010, inflasi kita sudah mencapai 5,98 persen. Saya tidak berani mengatakan pasti tembus, tapi inflasi dari Januari-November sudah sampai segitu (tersisa ruang hanya 0,02 persen dari target BI)," ungkap Kepala BPS, Rusman Heriawan, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (1/12).

Inflasi sulit dicapai sesuai target pemerintah, kata Rusman, karena akan ada penyebab inflasi musiman seperti perayaan Natal dan Tahun Baru. Dari dua agenda ini, biasanya terjadi kenaikan permintaan (demand), walaupun diakui tidak akan sebesar demand saat Lebaran. Pada tahun 2009 katanya, inflasi (musim tersebut) berada pada level 0,33 persen.

"Deflasi sulit kita capai, apalagi kalau pemerintah tidak mampu menekan harga beras yang selalu menjadi sumber inflasi sepanjang tahun 2010. Beras ini cukup signifikan mempengaruhi, jadi nanti kita lihat saja, sejauh mana usaha pemerintah untuk menekan harga pokok beras ini," ungkap Rusman pula.

JAKARTA - Dikarenakan harga beras dan beberapa komoditi pokok lainnya mengalami peningkatan hingga akhir tahun, Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News