Ingat, Bukan Gusdurian tapi Barikade Gus Dur

Ingat, Bukan Gusdurian tapi Barikade Gus Dur
Presiden Joko Widodo (Jokowi) sowan ke ibu Sinta Nuriyah Wahid, istri Presiden RI keempat, almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan pada Jumat (7/9). Foto: Setpres RI

jpnn.com, JAKARTA - Putri mendiang KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Inayah Wulandari menyatakan Gusdurian memilih posisi netral di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Inayah menegaskan bahwa dukungan kakaknya, Yenny Wahid dan Barisan Kader (Barikade) Gus Dur kepada Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin bukan sikap politik Gusdurian.

Inayah menyampaikan hal itu melalui akunnya di Twitter. Menurutnya, Gusdurian adalah gerakan kultural yang tak ikut dalam dukungan politik.

"Teman-teman, yg tadi memberikan deklarasi adalah Mbak Yenny Wahid dan Barisan Kader Gus Dur (Barikade Gus Dur) ya, bukan Gusdurian. Gusdurian sendiri sbg gerakan kultural tetap netral dan tdk memihak," ujar Inayah melalui akun @Inayawahid di Twitter.

Warganet dengan akun @gito51226 lantas menanyakan perbedaan antara Barikade Gus Dur dengan Gusdurian. Sebab, dia menduga anggota Barikade Gus Dur dan Gusdurian adalah orang-orang yang sama.

Namun, Inayah menegaskan bahwa yang dipersoalkan bukan orang per orang melainkan institusinya. "Kan yang dibicarakan institusinya,” katanya.

Inayah menuturkan, Gusdurian merupakan gerakan kultural, sedangkan Barikade Gus Dur di ranah politik. Karena itu dia tak mau dibenturkan dengan Yenny Wahid.

Putri mendiang KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Inayah Wulandari menyatakan Gusdurian memilih posisi netral di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News