JPNN.com

Sambut Hari Armada

Ingat Pesan Laksamana Tentang Pagelaran Wayang Kulit

Sabtu, 21 November 2015 – 10:25 WIB Ingat Pesan Laksamana Tentang Pagelaran Wayang Kulit - JPNN.com

SURABAYA – Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam memeriahkan Hari Armada RI tahun 2015 yang dipusatkan di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim). Kegiatan itu antara lain lomba ketangkasan prajurit, kejuaraan olahraga antar satuan kerja (Satker) Mako Koarmatim, bhakti sosial kesehatan, bersih-bersih pantai, sarasehan, istighotsah dan doa bersama.

Pada puncaknya awal Desember 2015, diadakan upacara parade/defile dan Naval Base Open Day. Kegiatan lain yang tidak kalah meriahnya adalah pagelaran wayang kulit yang dilaksanakan, Jumat (20/11) malam, di Indoorsport Mako Koarmatim Ujung, Surabaya.

Ingat Pesan Laksamana Tentang Pagelaran Wayang Kulit

Ki Manteb Soedharsono menjadi dalang pada pagelaran tersebut dengan membawakan lakon Wahyu Tirta Roso Kundho. Pagelaran wayang kulit yang digelar semalam suntuk itu didahului dengan sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh KSAL beserta Ny. Endah Ade Supandi didampingi Pangarmatim beserta Ny. Ina Darwanto sebagai wujud syukur atas segala kegiatan yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan dalam rangka Hari Armada 2015.

Selanjutnya, penyerahan cinderamata dari Pangarmatim beserta Ny. Ina Darwanto kepada KSAL beserta Ny. Endah Ade Supandi, sebagai ungkapan terima kasih Pangarmatim atas kehadiran KSAL ke Koarmatim dalam rangka menyaksikan pagelaran wayang kulit.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan serah terima cinderamata dari Kasal kepada Dalang Ki Manteb Sudharsono dan sebaliknya, dilanjutkan penyerahan Wayang Werkudoro sebagai tanda dimulainya pegelaran oleh KSAL kepada dalang.

Dalam sambutan, Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan pertunjukan wayang kulit yang digelar dalam rangka memperingati Hari Armada tahun 2015 merupakan perwujudan rasa cinta tanah air serta bertujuan untuk menumbuhkan semangat bhinneka tunggal ika. Selain itu, juga sebagai salah satu sarana untuk memberikan pembelajaran tentang falsafah hidup yang dapat dijadikan panutan yang baik bagi kehidupan prajurit Koarmatim dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara.

Lebih lanjut, Ade Supandi mengatakan pagelaran wayang kulit juga merupakan salah satu wujud kekayaan budaya bangsa Indonesia, dimana di dalamnya terkandung unsur nilai-nilai falsafah kehidupan yang dapat dijadikan tuntunan atau suri teladan dalam bersosialisasi dan hidup bermasyarakat. Kesenian wayang kulit merupakan warisan leluhur yang harus dijaga dan dilestarikan selayaknya sebuah karya besar dari suatu bangsa.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...