Ini 5 Kiat Supaya Anak mau Makan Sayuran

Ini 5 Kiat Supaya Anak mau Makan Sayuran
Sayuran. Ilustrasi. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - Tak sedikit para orang tua yang kerap kesulitan memberikan anak-anaknya makanan bergizi, salah satunya sayuran.

Namun, para orang tua jangan langsung putus asa, untuk megatasi hal tersebut, berikut beberapa tips mendorong anak agar mau mengkonsumsi sayuran.

1. Beli sayuran yang masih segar dan langsung diolah

Sayuran, semakin segar akan semakin lezat rasanya. Karena itu, penting bagi orang tua untuk selalu memastikan kesegaran sayuran sebelum diolah.

Menyimpan sayuran di dalam kulkas dalam waktu lama, bisa mengurangi kesegarannya. Sayuran yang tidak segar pun akan terlihat kurang menarik dan semakin membuat anak tidak berselera menyantapnya.

2. Tambahkan perasan jeruk nipis untuk sayuran pahit

Seperti diketahui, bagi anak-anak, sayuran mungkin terasa agak pahit atau karena lidah mereka masih sensitif. Karena itu, menolak sayuran seperti sudah menjadi insting mereka.

Penambahan ¼ sendok teh perasan jeruk nipis pada tumisan sayur akan mengurangi rasa pahit dan memberikan rasa yang lebih seimbang.

3. Cari sayuran yang disukai anak dan sajikan bergantian

Sebagai orang tua, kita harus cermat memperhatikan sayuran mana yang menjadi kesukaan anak. Sajikan berbagai olahan sayuran secara bergantian setiap hari agar anak tidak bosan, dan memperkenalkan anak secara bertahap pada sayuran baru.

4. Jangan menyerah untuk tetap mengajak anak makan sayur

Walaupun anak sudah pernah menolak makan sayur tertentu, tetap konsisten menawarkan sayuran untuk dicoba anak.

Para orang tua jangan langsung putus asa, untuk megatasi hal tersebut, berikut beberapa tips mendorong anak agar mau mengkonsumsi sayuran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News