Ini 9 Jenis Makanan dan Minuman Penghilang Rasa Cemas

Ini 9 Jenis Makanan dan Minuman Penghilang Rasa Cemas
Ilustrasi perempuan yang mengalami gangguan kecemasan. Foto: Video Blocks

jpnn.com - Gangguan kecemasan umum, atau generalized anxiety disorder (GAD), adalah kecemasan berlebihan yang berlangsung terus-menerus terhadap banyak hal.

Berbeda dengan rasa cemas yang normal terjadi, seperti saat menghadapi ujian atau melakukan wawancara kerja, penderita GAD biasanya sering ketakutan pada kondisi keuangan, kesehatan, keluarga, pekerjaan, atau hal-hal lainnya.

Selain dengan pengobatan, gangguan kecemasan umum dapat diatasi dengan diet yang tepat dan olahraga yang seimbang. Dengan upaya tersebut, kambuhnya gejala bisa dikurangi. 

Berikut beberapa jenis makanan penghilang rasa cemas berlebihan yang patut Anda coba:

1.Ikan

Selain menjaga fungsi kognitif, konsumsi ikan yang kaya akan omega-3 adalah salah satu cara untuk mengatasi kecemasan. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi kecil di Ohio State University.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa pada murid-murid yang diberikan suplemen omega-3, terjadi penurunan angka kecemasan sebanyak 20 persen dibandingkan pada anak-anak yang hanya diberikan plasebo.

Para peneliti menganjurkan agar dalam diet, konsumsilah lebih banyak omega-3 dengan ikan. Omega-3 merupakan asam lemak esensial yang berperan penting untuk menjaga kesehatan mental dan fungsi kognitif untuk berpikir.

Berikut ini beberapa jenis makanan penghilang rasa cemas berlebihan yang patut Anda coba.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News