Ini Alasan Komnas HAM Dukung BNPT Berantas Terorisme

Ini Alasan Komnas HAM Dukung BNPT Berantas Terorisme
Ketua Komnas HAM M. Imdadun Rahmat saat bertemu Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Rabu (3//8). Foto: Ist for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Komnas HAM siap mendukung Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam melakukan penanggulangan terorisme di Indonesia. Selain siap bersama turun ke lapangan, Komnas HAM meminta BNPT juga mengedepankan hukum dan hak konstitusi para terduga teroris.

"Kami menyambut baik semua inisiatif dan ide memperkuat kerja sama dalam penanggulangan terorisme ini. Kami siap mendukung BNPT agar penanggulangan terorisme di Indonesia tetap sesuai dengan hak asasi manusia," kata Ketua Komnas HAM M. Imdadun Rahmat saat bertemu Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Rabu (3//8).

Imdadun mengaku sebelumnya sempat berdiskusi dengan Mantan Kepala BNPT yang kini menjadi Kapolri, Jenderal Tito Karnavian. Dalam diskusi itu BNPT akan melibatkan Komnas HAM ke lapangan, sekaligus belajar bersama mengenai HAM. Komunikasi itu dilanjutkan oleh Suhardi. Menurutnya, ini adalah langkah positif dari BNPT dalam memperkuat pencegahan terorisme di Indonesia.

Ia mengungkapkan bahwa terorisme itu adalah extr ordinary crime atau kejahatan luar biasa. Selain itu juga kejahatan yang melawan nilai kemanusiaan. Hal itulah yang membuat Komnas HAM mendukung penanggulangan terorisme oleh BNPT ini.

Sebab, sudah menjadi kewajiban negara bekerja keras menangani terorisme dan wujud nyata negara adalah membentuk UU yang melindungi warganya dari terorisme.

"UU itu terus disempurnakan sampai terbentuknya lembaga yang mengurus terorisme ini yaitu BNPT dan membentuk Satuan Khusus Densus 88," tutur Imdadun.

Komnas HAM, lanjut Imdadun, menyerukan agar seluruh aktivitas penanganan dan penindakan harus berdasarkan konstitusi dan perundang-undangan serta kaidah yang ada.

Itu penting agar seluruh aktivitas yang dilakukan benar-benar mengarah ke tujuannya yaitu perlindungan warga negara dari terorisme, termasuk mereka yang diduga teroris sekalipun.

JAKARTA - Komnas HAM siap mendukung Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam melakukan penanggulangan terorisme di Indonesia. Selain

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News