Ini Alasan Pemerintah Libatkan Swasta di Proyek RS Unsrat

Ini Alasan Pemerintah Libatkan Swasta di Proyek RS Unsrat
Proyek pembangunan sebuah hotel di Yogyakarta. Foto: Radar Jogja

jpnn.com - Lelang proyek pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, senilai Rp 300 miliar akan dilakukan 2018 mendatang.

Staf Ahli bidang Infrastruktur Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Hari Purwanto menjelaskan, saat ini tengah berlangsung pematangan. Sehingga, saat pelaksanaan nanti tidak akan ada permasalahan.

"Kalau proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha ini istilahnya kita bersakit-sakit dahulu baru senang kemudian. Kita ingin semuanya beres ditahap perencanaan baru setelah itu kita lelang ke badan usaha. Tahun depan saya kira sudah bisa dimulai pembangunannya," kata dia dalam surat elektronik yang dikirimkan ke redaksi, Selasa (19/9).

Menurutnya, Proyek RSP Unsrat akan menjadi pilot proyek pembangunan infrastruktur perguruan tinggi yang melibatkan badan usaha.

Ke depannya, beberapa proyek dari perguruan tinggi juga akan dibangun menggunakan skema yang dikenalkan Kementerian Keuangan ini.

"Pemerintahan Pak Jokowi sangat massif membangun infrastruktur termasuk infrastruktur sosial salah satunya pembangunan fasilitas pendidikan. Namun, ada gap kemampuan APBN kita dengan anggaran yang dibutuhkan, karena itulah dipilih skema KPBU. Tinggal nanti dipikirkan agar skema ini menguntungkan semua pihak, misalnya tidak akan membebani peserta didik. Itu yang terus dipikirkan," jelas Hari.

Menurutnya, pembiayaan menjadi kendala dalam pembangunan infrastruktur perguruan tinggi karena sejak dua tahun terakhir tidak lagi mendapatkan anggaran pembangunan fisik.

Karena itulah, pelibatan badan usaha menjadi salah satu alternatif yang paling memungkinkan untuk melanjutkan pembangunan fasilitas pendidikan yang mangkrak.

RSP Universitas Sam Ratulangi dibangun menggunakan skema kerja sama pemerintah badan usaha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News