Ini Aplikasi untuk Mengatur Anak dalam Penggunaan Gadget

Ini Aplikasi untuk Mengatur Anak dalam Penggunaan Gadget
Aplikasi digital parenting RUANG ORTU by ASIA. Foto: dok ASIA

jpnn.com, JAKARTA - Saat ini tak bisa diingkari teknologi sangat membantu kehidupan manusia. Gawai dan internet sudah jadi kebutuhan dalam aktivitas keseharian kita, termasuk anak-anak.

Namun, penggunaan gawai dan internet berlebih bisa menimbulkan kecanduan yang berdampak buruk pada kesehatan. 

Orang tua perlu mulai curiga bila anaknya kecanduan internet. Terutama sang anak kehilangan kontrol dan mulai ketergantungan pada gadget.

Ketika anak lebih memprioritaskan bermain gim atau internet hingga enggan beranjak dari kamar, orang tua perlu waspada. Kecanduan gawai juga terlihat dari perubahan fisik.

Anak bisa mengalami obesitas karena terus duduk atau mengalami malanutrisi akibat mengonsumsi banyak makanan instan, bahkan ada yang lupa makan.

Tak sedikit pula ditemukan kasus  kecanduan gawai, hingga anak mesti dirawat di rumah sakit jiwa 

Oleh karena itu, Alumni Sekolah Islam Al Azhar (ASIA), organisasi yang mengambil peran aktif dengan mengisi posisi sebagai mitra para orang tua dalam implementasi pengasuhan digital ini berupaya mencegah hal itu.

ASIA berupaya membantu orang tua melalui aplikasi digital parenting RUANG ORTU by ASIA.

Melalui aplikasi ini Alumni Sekolah Islam Al Azhar bersama-sama para orang tua ikut mengawasi kegiatan digital anak dalam memegang gadget sehari-sehari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News