JPNN.com

Ini Beda Router Single Band dan Dual Band, Wajib Diketahui!

Senin, 29 Maret 2021 – 15:49 WIB
Ini Beda Router Single Band dan Dual Band, Wajib Diketahui! - JPNN.com
Ilustrasi router dual band. Foto: TP-Link

jpnn.com, JAKARTA - Router saat ini sudah menjadi perangkat yang umum ditemukan di rumah ataupun kantor. Alat yang berfungsi untuk memancarkan frekuensi khusus ini dibutuhkan sebagai perantara jaringan internet nirkabel.

Namun bagi yang sedang mencari router terjangkau, ada yang perlu diketahui. Apakah router sudah dual band atau masih single band?

Router Single Band adalah router yang hanya menggunakan satu frekuensi yaitu 2,4 GHz. Router ini biasanya cukup untuk aktivitas ringan seperti menjelajah web, mengirimkan email dan lainnya.

Adapun router dual band menggunakan dua frekuensi yaitu 2,4 GHz dan 5GHz sehingga kinerjanya jauh lebih baik.

Penggunaan router dual band jauh lebih efisien karena bisa diajak berpacu dengan streaming video HD dan mendownload dengan kecepatan tinggi, atau audio visual beresolusi tinggi sehingga cocok untuk para gamer.

Dual-band router akan secara otomatis terhubung ke frekuensi 5GHz ketika beban di jalur frekuensi 2.4GHz meningkat.

Peningkatan beban yang dimaksud adalah ketika makin banyak perangkat yang terhubung dengan jaringan Wi-Fi atau melakukan aktivitas online yang berat seperti streaming video HD atau bermain game online.

Harga router dual band biasanya lebih tinggi dari single band, namun itu tidak berlaku untuk Archer C24 AC750 Dual-Band Wi-Fi Router dari TP Link. Router dualband ini di pasar Indonesia hanya dibanderol sekitar Rp200 ribuan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...