Ini Cara Mencegah TKB CPNS secara Manual jadi Celah Permainan

Ini Cara Mencegah TKB CPNS secara Manual jadi Celah Permainan
Tes CPNS sistem CAT. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Pelaksanaan tes kompetensi bidang (TKB) seleksi CPNS secara manual berpeluang besar dimainkan pejabat daerah. Itu sebabnya, pemerintah pusat sudah memiliki cara untuk mengantisipasinya.

"Sudah rahasia umum, ‎kalau pelaksanaan TKB jadi celah untuk pejabat pembina kepegawaian (PPK) di daerah bermain curang. Ini sudah kami antisipasi dengan memperketat pengawasan ke instansi yang melaksanakan TKB," kata Kabid Evaluasi Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) ‎Diah Faraz kepada JPNN, Minggu (8/11).

Dia menyebutkan, ‎salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menetapkan pelaksanaan TKB minimal dua, yakni wawancara dan psikologi lanjutan. Selain itu, Panselnas membuat kisi-kisi soal TKB.

"Instansi yang melaksanakan TKB harus melapor ke MenPAN-RB. Ini wajib, karena pengalaman sebelumnya, ada beberapa instansi tidak melapor ke pusat. Akibatnya hasilnya diprotes masyarakat," bebernya.

Diah menambahkan, Panselnas juga memberikan prosentase lebih kecil untuk TKB dalam penentuan kelulusan. TKB hanya memakan porsi 40 persen, sedangkan tes kompetensi dasar (TKD) 60 persen.

"Kalau TKB sudah dilaksanakan dengan CAT, peluang kecurangan tidak akan terjadi lagi.‎ Mudah-mudahan, 2017 sudah bisa dilaksanakan TKB dengan CAT," pungkasnya. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Pelaksanaan tes kompetensi bidang (TKB) seleksi CPNS secara manual berpeluang besar dimainkan pejabat daerah. Itu sebabnya, pemerintah pusat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News