Ini Cara NFA Jaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Beras

Ini Cara NFA Jaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Beras
Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi terus berupaya menjaga pasokan beras.Foto: NFA

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi terus melakukan stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) beras.

Menurutnya penyaluran beras medium terus diperluas dan ditingkatkan dengan mendorong beras Bulog ke penjualan ritel.

Adapun langkah itu dilakukan untuk meningkatkan pelaksanaan SPHP sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka stabilisasi harga beras di tingkat konsumen.

"Perluasan dan peningkatan penyaluran SPHP melalui pasar ritel ini sejalan dengan arahan Bapak Presiden agar kami mewaspadai kenaikan harga beras dengan melakukan langkah-langkah stabilisasi secara masif," ujar Arief dalam keterangan resmi, Minggu (29/1).

Melalui langkah tersebut, beras medium yang digelontorkan dalam program SPHP Bulog tidak hanya bisa didapatkan di Kanwil Bulog atau pasar-pasar tradisional tetapi juga di warung sekitar pemukiman warga, toko-toko Rumah Pangan Kita (RPK) Bulog, dan ritel modern.

"Kami perluas distribusinya dengan menyasar dan memperbanyak toko-toko ritel yang ada di sekitar masyarakat," kata Arief.

Berdasarkan data yang dihimpun telah banyak daerah melakukan perluasan pendistribusian melalui toko dan gerai ritel setempat, di antaranya Provinsi Sulawesi Selatan, Bengkulu, Sulawesi Tengah, Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Jawa Barat, DKI Jakarta, Maluku Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Riau, Yogyakarta, dan Jambi.

Arief menyampaikan pelaksanaan SPHP ini akan terus dilakukan setiap hari dengan lebih masif di seluruh Indonesia.

Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi terus melakukan stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) beras.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News