Ini Dia.. Penghasil Pisang Kepok Terbesar

Ini Dia.. Penghasil Pisang Kepok Terbesar
Ilustrasi. Foto: Prokal

jpnn.com - SANGATTA – Kecamatan Kaliorang dinobatkan sebagai penghasil pisang kepok terbesar di Kutai Timur. Hal itu sebenarnya berbeda dengan tren yang terjadi di Kuta Timur.

Pasalnya, beberapa kecamatan tengah fokus mengubah lahan pertanian menjadi perkebunan kelapa sawit. Bertahannya kelompok tani di Kaliorang membuat pemerintah daerah bangga.

Sebab, mereka masih mau mengembangbiakkan pisang kepok meski di tengah menjamurnya sawit dan karet. Tak hanya itu, para petani di Kaliorang juga bisa mendapatkan penghasilan cukup bagus.

”Dari survei kami di lapangan, harga pisang saat ini luar biasa sekali. Untuk satu sisirnya tembus Rp 15 ribu,”ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutim Syarifuddin Ginting didampingi Kepala Bidang Pertanian Edy Junaedy, belum lama ini.

Dia menambahkan, saat ini ada 1.743,25 hektare perkebunan pisang kepok warga yang tersebar di tujuh desa di Kecamatan Kaliorang. Yakni, Desa Kaliorang terdapat 276 hektare, Selangkau (351,75), Bukit Makmur (232,75) dan Bukit Harapan (169).

Selain itu, ada juga Citra menunggal Jaya seluas 177 hektare, Bangun Jaya (160) dan Bumi Sejahtera (376,75). (dy/jos/jpnn)


SANGATTA – Kecamatan Kaliorang dinobatkan sebagai penghasil pisang kepok terbesar di Kutai Timur. Hal itu sebenarnya berbeda dengan tren yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News