Ini Gelar Baru Bagi Kim Jong-un Usai Kongres Langka

Ini Gelar Baru Bagi Kim Jong-un Usai Kongres Langka
Kim Jong-un FOTO : Mirror

jpnn.com - Kongres langka Partai Pekerja Korea yang dihelat pertama kali sejak 36 tahun silam itu, seolah makin menahbiskan Kim Jong-un sebagai pimpinan tertinggi Korea Utara. Salah satunya dengan diberikannya gelar baru bagi pria yang dikenal bertangan besi tersebut.

Gelar itu adalah Ketua Partai Pekerja. Posisi tersebut, seperti dikutip AFP diumumkan oleh Kim Yong-Nam, kepala negara Korut. Gelar itu lebih tinggi ketimbang apa yang diemban Kim sebelumnya, yakni sekretaris pertama partai.

Posisi baru Kim Jong Un ini sebenarnya telah diprediksi oleh para pengamat. Dengan posisi barunya ini, Kim kian memantapkan posisinya sebagai pemimpin yang tidak tergantikan di negara itu.

Di bawah kepemimpinannya, Korut masih tetap menjadi negara tertutup yang memegang teguh paham komunis. Dalam Kongres tersebut, Korut menegaskan tidak akan mengendurkan pengembangan senjata nuklir mereka, kendati menuai kecaman dan sanksi internasional.

Kim yang merupakan pemimpin generasi ketiga di Korut menggantikan ayahnya, Kim Jong Il, yang meninggal dunia tahun 2011. Walau telah meninggal dunia, Kim Jong Il menempati posisi abadi sekretaris jenderal Partai Pekerja. Sementara pendiri negara itu, Kim Il Sung, menjadi presiden abadi Korut kendati telah meninggal dunia tahun 1994. (jpnn/pda)

 


Kongres langka Partai Pekerja Korea yang dihelat pertama kali sejak 36 tahun silam itu, seolah makin menahbiskan Kim Jong-un sebagai pimpinan tertinggi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News