Ini Harus Dilakukan Pertamina Agar jadi Perusahaan Energi Kelas Dunia

Ini Harus Dilakukan Pertamina Agar jadi Perusahaan Energi Kelas Dunia
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - PT Pertamina saat ini terus mengarah menuju perusahaan energi kelas dunia.

Guna menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia, Pertamina menetapkan strategi jangka panjang perusahaan, yakni Aggressive in Upstream, Profitable in Downstream.

Pemerhati energi Fahmy Radhi mengatakan, Pertamina sedang mengarah menjadi perusahaan energi kelas dunia. Karena itu, sejumlah langkah harus dijalankan untuk mewujudkan hal itu.

“Pertama, Pertamina harus aktif ekspansi investasi di lahan migas di luar negeri. Tahap awal dilakukan dengan akuisisi lahan migas yang sudah berproduksi. Kedua, Pertamina diberikan keistimewaan untuk menguasai dan mengusahakan lahan migas di dalam negeri,” kata Fahmy di Jakarta, Senin (5/12).

Ketiga, Pertamina mesti ditunjuk menguasai aset melalui monetasi. Hal itu bertujuan menaikkan international leverage Pertamina.

“Selain itu meminimkan intervensi berlebihan dalam organisasi, penambahan direksi, juga dalam pengambilan keputusan corporate actions,” katanya.

Di samping itu, pemerintah dan DPR mesti memberikan keleluasaan kepada Pertamina untuk memanfaatkan keuntungan yang diperoleh BUMN tersebut.

"Pemerintah dan DPR tidak boleh lagi menjadikan Pertamina sebagai 'sapi perah' dan penyetor dividen untuk APBN. Berikan kesempatan kepada Pertamina menggunakan dividen untuk melakukan ekspansi, terutama ekspansi pada lahan migas di luar negeri," tandas Fahmy.(chi/jpnn)

JAKARTA - PT Pertamina saat ini terus mengarah menuju perusahaan energi kelas dunia. Guna menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia, Pertamina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News