Ini Janji Jokowi di Depan Kepala Suku se-Indonesia

Ini Janji Jokowi di Depan Kepala Suku se-Indonesia
Presiden Joko Widodo saat sambutan pada acara Halaqah Kebangsaan Ulama, Pengasuh Pesantren, dan Santri Berprestasi se-Madura di Pondok Pesantren Al Amien Prenduan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Minggu (8/10). Foto: Setpres

jpnn.com, BOGOR - Presiden Joko Widodo melakukan audiensi dengan kepala suku se-Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/11). Jokowi -sapaan Presiden- mengaku senang bisa bersilaturahmi dengan mereka.

Dia pun mengingatkan bahwa keragaman suku, agama, adat istiadat dan budaya merupakan kekayaan bangsa yang harus dijaga.

"Kekayaan ini anugerah tuhan. Ini patut disyukuri. Data yang ada di kami, Indonesia punya 714 suku. Jumlah yang kalau kita bandingkan dengan negara lain adalah sangat besar," ujar Presiden.

Keberadaan lembaga-lembaga adat ini, menurut presiden, harus terus dilestarikan. Berdasarkan data pemerintah, saat ini di Indonesia terdapat 43 Keraton yang masih utuh.

Lembaga adat juga banyak, tercatat ada 29 yang terdaftar di pemerintah. Dia pun sudah menyampaikan kepada jajaran kementerian terkait untuk selalu menjaga kekayaan tersebut.

"Kalau misalnya ada rumah adat untuk renovasi, pemerintah sekarang punya anggaran untuk renovasi itu. Kalau rumah adat yang kira-kira anggarannya tidak banyak, bisa ke Kemendikbud. Kalau keraton yang gede, ke menteri PU," ucap Jokowi.

Mantan wali kota Surakarta itu pun meyakinkan para kepala suku bahwa pemerintah siap membantu pelestarian suku dan budaya nasional. Yang tidak kalah penting. Masing-masing Kepala Suku juga harus menjaga adat dan budayanya.

"Insyaallah kita siap untuk merenovasi rumah-rumah adat, lembaga adat, akan kita jaga. Pemerintah siap memfalilitasi setiap hal yang berkaitan dengan adat istiadat, budaya," pungkas dia.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo melakukan audiensi dengan kepala suku se-Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/11).


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News