Ini Kriteria Cawapres Pendamping Jokowi Versi PDIP

Ini Kriteria Cawapres Pendamping Jokowi Versi PDIP
'Presiden Jokowi dan Bu Megawati'. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, siapapun yang mendampingi Joko Widodo sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2019, harus tokoh yang betul-betul bisa melengkapi kekurangan mantan Wali Kota Surakarta tersebut.

"Kriteria lain, memiliki komitmen yang sama di dalam politik dan dalam membangun Indonesia ke depan. Jadi penting memperhatikan kesatupaduan kepemimpinan tersebut," ujar Hasto di Jakarta, Kamis (28/6).

Meski demikian, Hasto mengakui partainya belum membahas secara mendalam siapa tokoh yang akan diusung menjadi cawapres Jokowi nantinya.

"Kalau kriteria kan banyak orang bisa menyebut. Tapi mekanismenya (pemilihan cawapres Jokowi,red) nanti seluruh ketua umum partai politik pengusung akan bertemu," ucapnya.

Menurut Hasto, Jokowi nantinya juga bakal menyampaikan pandangan politik terlebih dahulu. Kemudian pandangan itu dibahas bersama-sama.

"Setelah itu mengerucut, bergandengan tangan, kemudian membentuk tim kampanye bersama.

Hanya saja saat ini semua partai masih melakukan pengawasan rekapitulasi (Pilkada 2018).

"Tapi ada niat baik, ada kehendak baik, bahwa ketika bicara tentang calon pemimpin harus memperhatikan betul aspek rekam jejak," katanya.

Kriteria cawapres Jokowi di Pilpres 2019 bakal dinilai dari komitmen tokoh tersebut terhadap bangsa dan negara dan terhadap Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News