Ini Makna Busana Presiden Jokowi di Karnaval Kemerdekaan

Ini Makna Busana Presiden Jokowi di Karnaval Kemerdekaan
Presiden Jokowi dan istri di acara Karnaval Kemerdekaan. Foto: Setpres

jpnn.com, BANDUNG - Presiden Joko Widodo memimpin Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan yang dimulai dari Gedung Sate Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (26/8).

Ketika itu, Jokowi-sapaan presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana, tampil dengan mengenakan beskap berwarna ungu dan ikat kepala makuta sinatria.

Makuta adalah mahkota, benda penutup kepala yang dipakai di atas kepala. Sementara sinatria adalah kesatria, suatu karakter, sifat, sikap yang berani, adil, tegas dan jujur.

Dalam budaya Sunda, pemakaian iket kepala menunjukkan pemimpin, sesorang yang sedang menjalankan tugas mulia, seseorang yang sedang mencari peningkatan kebaikan diri.

Dengan memakai rupa ikat sunda ‘makuta sinatria’, menunjukkan bahwa pemakai iket ini memberikan wejangan bahwa dirinya telah melaksanakan _Tilu Eusi Diri_ (tiga sikap diri), pertama mencerminkan sikap berani dan adil dalam membuat pilihan keputusan demi menegakkan keadilan dan kebenaran sejati.

Sikap selanjutnya adalah panceg yang berketetapan hati /tegas, yakni selalu menggunakan suara hati nurani dalam mengemban tugas lahiriah maupun bathiniah.

Sikap terakhir adalah Silih Wangi atau saling mewangikan/saling memberikan kebaikan; melindungi mengayomi dengan sikap welas asih (kasih sayang) untuk pencapaian kebaikan dan kesejahteraan bersama.

Menjalankan Kebaikan untuk sesama, keluarga, masyarakat, negara juga pribadi diri sebagai hamba Tuhan Yang Maha Esa.(fat/jpnn)

Presiden Joko Widodo memimpin Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan yang dimulai dari Gedung Sate Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (26/8).


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News