JPNN.com

Ini Pendapat Pakar Telematika Soal Foto Mesra Mirip Ketua KPK

Rabu, 14 Januari 2015 – 11:24 WIB Ini Pendapat Pakar Telematika Soal Foto Mesra Mirip Ketua KPK - JPNN.com
Pakar telematika, Roy Suryo. Foto: Dokumen JPNN.com

JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo ‎belum bisa menentukan keaslian foto mesra mirip Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad dengan Putri Indonesia tahun 2014, Elvira Devinamira Wirayanti. Sebab, foto-foto tersebut sudah berupa kolase (gabungan).

"Kalau source-nya sudah merupakan hasil Kolase (gabungan) semacam ini, belum bisa dijadikan analisa. Apalagi sekarang ini sangat banyak program-program yang memungkinkan membuatnya," kata Roy dalam pesan singkat, Rabu (14/1).

Karena itu Roy menjelaskan harus dicari dahulu sumber asli foto tersebut. Sehingga, sambung Roy, bisa dicek Metadatanya.

"Saya dari dulu selalu berusaha mencari source aslinya terlebih dulu‎, ini bisa dapat kalau bisa ditrace yang memiliki (atau menyebarkannya) pertama kali, sehingga bisa di cek Metadatanya atau Exiff File-nya," tandas Roy.

Seperti diketahui, ‎foto mirip Abraham dan Elvira tersebut dikirim lewat surat elektronik oleh [email protected] pada Rabu (14/1).

Foto itu dikirim satu hari setelah KPK mengumumkan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai tersangka dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait transaksi mencurigakan.

Dalam foto itu, pria mirip Abraham terlihat memeluk dan mencium sosok perempuan cantik berbaju you can see. Adapula foto yang memperlihatkan perempuan cantik itu mencium pipi Abraham. (gil/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...