Ini Penyebab Ledakan di Pabrik Petasan

Ini Penyebab Ledakan di Pabrik Petasan
Pabrik petasan dan kembang api di Kosambi Kabupaten Tangerang, Kamis (26/10/2017) meledak dan menyebabkan 47 korban jiwa dan puluhan lainnya mengalami luka bakar. Foto: M. Jakwan/Tangerang Ekspres/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya telah melakukan pemeriksaan saksi dan olah TKP di pabrik petasan di PT Panca Buana Cahaya Sukses.

Dari hasil olah TKP dan pemeriksaan saksi, disimpulkan bahwa penyebab ledakan adalah cipratan api las yang terkena bahan kembang api.

"Jadi saat kejadian, Saudara Suparna Ega sedang melakukan pengelasan. Hasil pemeriksaan labfor penyebab kebakaran adalah percikan las yang menyambar kembang api," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di kantornya, Sabtu (28/10).

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta menambahkan, Ega awalnya menerima perintah pengelasan dari Direktur Operasional PT Panca Buana Cahaya Sukses Andria Hartanto.

"Suparna Ega adalah tukang las yang diperintahkan Andria Hartanto. Andria menyuruh untuk las gedung bagian atas. Di sanalah menyambar kembang api," kata Nico.

Menurut Nico, seharusnya pengelasan dilakukan saat tidak ada kegiatan memproduksi petasan.

Karena itu, menurut Nico, PT Panca Buana Cahaya Sukses menyalahi prosedur operasional.

"Kami juga menyita tabung gas, travo, alat las, dan contoh kembang api," kata Nico.

Suparna Ega adalah pelaku yang membuat pabrik petasan itu meledak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News