Ini Penyebab Rupiah Melemah Versi Sandiaga Uno

Ini Penyebab Rupiah Melemah Versi Sandiaga Uno
Sandiaga Uno. (Foto: Dok Jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Koalisi pendukung pasangan calon presiden Prabowo Subianto - Sandiaga Uno prihatin dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) yang terus berkepanjangan.

Koalisi yang terdiri dari Partai Gerindra, PKS, PAN dan Partai Demokrat ini menilai, melemahnya nilai tukar rupiah memberatkan perekonomian nasional, khususnya rakyat kecil.

"Cepat atau lambat rakyat kecil harus menanggung kenaikan harga-harga kebutuhan pokok, termasuk harga kebutuhan makanan sehari-hari seperti tahu dan tempe," ujar Sandi saat membacakan pernyataan politik koalisi Prabowo-Sandi di Kertanegara, Jakarta, Jumat (7/9).

Menurut Sandi, melemahnya kurs rupiah yang berkepanjangan disebabkan lemahnya fundamental ekonomi Indonesia. Antara lain, defisit neraca perdagangan dan defisit transaksi berjalan.

"Kemudian, sektor manufakturing yang menurun dan pertumbuhan sektor manufakturing yang di bawah pertumbuhan ekonomi," ucapnya.

Sektor manufakturing yang pernah mencapai hampir 30 persen pendapatan domestik brutto (PDB) pada 1997 lalu, kata Sandi, saat ini hanya tinggal 19 persen PDB. Hal ini diyakini mengganggu ketersediaan lapangan kerja dan ekspor.

"Melemahnya fundamental ekonomi ini tidak terlepas dari hemat kami bahwa selama ini terjadi suatu kekeliruan dalam orientasi dan strategi pembangunan ekonomi," kata Sandi.

Antara lain, tidak berhasilnya pemerintah dalam mendayagunakan kekuatan ekonomi rakyat sehingga kebutuhan pangan semakin tergantung pada impor., seperti beras, gula, garam, bawang putih dan sejumlah kebutuhan lain. (gir/jpnn)


Salah satu sebab rupiah melemah karena lemahnya fundamental ekonomi Indonesia. Antara lain defisit neraca perdagangan dan defisit transaksi berjalan.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News