Inikah Penyebab Listrik Sering Padam di Enam Wilayah?

Inikah Penyebab Listrik Sering Padam di Enam Wilayah?
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA -- Direktur Eksekutif Masyarakat Peduli Listrik (MPL) Tommy Radja mengatakan,  pemadaman listrik bergilir masih kerap terjadi. Terutama di Aceh, Riau, Kepuluan Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

Menurut Tommy, pemadaman itu disebabkan karena kurangnya jumlah pembangkit listrik tenaga uap dan diesel sebagai sumber energi bagi masyarakat.

"Pembangkit yang telah selesai dibangun tidak bisa menjadi sumber pasokan karena energi yang dihasilkannya tidak bisa didistribusikan ke gardu-gardu induk milik PT PLN,” ujar Tommy dalam siaran persnya, Rabu (1/6).

Sayangnya, meski gardu induk sudah tersalurkan energi dari pembangkit, listrik masih tidak bisa tersalur ke konsumen PLN. Sebab, kata Tommy, masih kerap timbul persoalan pertanahan untuk alokasi tapak tower sampai masalah jalur bebas di bawah saluran transmisi.

Belum lagi persoalan hukum yang muncul dari kontrak-kontrak PT PLN dengan pihak lain juga memengaruhi pemadaman.

Parahnya lagi kata dia, bupati atau wali kota menganggap upaya pemenuhan hak atas energi rakyatnya, hanya menjadi kewajiban dari pemerintah pusat dan PT PLN. Dia menyarankan agar PLN menempuh upaya hukum agar pemadaman segera bisa diatasi.

“Selain bersikap masa bodoh, kepala daerah itu juga terlihat tidak memberikan dukungan nyata terhadap kegiatan pembangunan. Itu sangat dirasakan oleh berbagai pihak saat PT PLN memulai tugas-tugasnya. Jika perlu, PT PLN melakukan upaya hukum melawan pemda," kata Tommy. (boy/jpnn)

 

JAKARTA -- Direktur Eksekutif Masyarakat Peduli Listrik (MPL) Tommy Radja mengatakan,  pemadaman listrik bergilir masih kerap terjadi. Terutama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News