Inilah 4 Pesan Menteri LHK Saat Peringatan Hari Hutan Internasional

Inilah 4 Pesan Menteri LHK Saat Peringatan Hari Hutan Internasional
Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan empat pesan penting saat peringatan Hari Hutan Internasional (HHI) 2021. Foto: KLHK.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkuhan Hidup dan Kehutanan (LHK)  Siti Nurbaya menyampaikan pesan kepada masyarakat agar turut serta menjaga kelestarian hutan. 

Pertama, hutan harus dijaga karena dapat memberikan manfaat kesehatan bagi semua orang.

Hutan dapat memberikan udara segar, makanan bergizi, air bersih dan ruang rekreasi.

“Di negara maju, hingga 25 persen dari semua obat-obatan adalah nabati, di negara berkembang kontribusinya mencapai 80 persen,” ungkap Menteri Siti saat menjadi pembicara kunci webinar memperingati Hari Hutan Internasional (HHI) Tahun 2021, yang dilangsungkan secara telekonferensi dan siaran langsung pada kanal media sosial Kementerian LHK, Rabu (31/3).


KLHK beberapa waktu yang lalu, telah menyampaikan hasil-hasil penelitiannya bekerja sama dengan masyarakat sekitar kawasan hutan dalam melakukan bioprospecting atau pemanfaatan sumber daya genetik yang mendukung kebutuhan pangan dan farmasi.

Contohnya antara lain penelitian Candidaspongia sp. di Taman Wisata Alam (TWA) Teluk Kupang untuk anti-kanker, penelitian mikroba yang berguna bagi tanaman di Taman Nasional (TN) Gunung Ciremai yaitu Cendawan (Hursutella sp dan Lecanicillium sp), isolat bakteri pemacu pertumbuhan (C71, AKBr1, dan AKS), dan isolat bakteri antifrost (PGMJ1 dan A1).

Pesan kedua, lanjut Menteri Siti,  hutan harus dijaga karena dapat menjadi sumber pangan bagi masyarakat sekitarnya.

Daya saing sumber daya alam Indonesia ada di peringkat 17 dari 139 negara.

Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan 4 pesan penting saat peringatan Hari Hutan Internasional. Siti mengajak melestarikan hutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News