Inilah Alasan Mandi Air Dingin Bisa Meningkatkan Metabolisme Anda

Inilah Alasan Mandi Air Dingin Bisa Meningkatkan Metabolisme Anda
Mandi. Foto/ilustrasi: Walter Zerla/Corbis

jpnn.com, JAKARTA - Mandi air dingin kabarnya bisa meningkatkan metabolisme sekaligus membantu tubuh membakar lebih banyak lemak sepanjang hari.  Ternyata ada landasan ilmiah untuk pernyataan ini.

"Mandi air panas sangat bagus untuk mengendurkan otot dan membersihkan sinus, tetapi tidak membantu bagi metabolisme Anda,” kata gastroenterologi dan internis, Niket Sonpal, MD, dan dokter keluarga dan herbalis Aviva Romm, MD, seperti dilansir laman MSN, Rabu (10/7).

"Setelah makan, cobalah untuk menunggu setidaknya satu jam sebelum menuju ke kamar mandi. Seperti berenang, mandi bisa memperlambat pencernaan karena darah mengalir ke bagian lain dari tubuh,” jelas Sonpal.

BACA JUGA: Biasakan Diri Mandi Air Dingin Di Pagi Hari, Ini Efek Positif yang akan Anda Rasakan

"Sebaliknya, mandi air dingin, bisa membuat tubuh Anda mengatur suhu tubuh,” tambah Sonpal.

Ketika Anda kedinginan, tubuh Anda akan menggigil untuk menghangatkan diri, yang membutuhkan energi (alias membakar kalori).

“Peningkatan metabolisme seperti itu adalah salah satu manfaat mandi air dingin, yang bisa membantu pengaturan berat badan," pungkas Dr. Sonpal.

Mandi air dingin yang cepat bisa sangat menyegarkan dan memberi metabolisme Anda dorongan cepat.(fny/jpnn)


Mandi air dingin kabarnya bisa meningkatkan metabolisme sekaligus membantu tubuh membakar lebih banyak lemak sepanjang hari. Ternyata ada landasan ilmiah untuk pernyataan ini.


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News