Inilah Wilayah di Malang Hujan Abu akibat Erupsi Gunung Semeru

Inilah Wilayah di Malang Hujan Abu akibat Erupsi Gunung Semeru
Abu vulkanis menempel pada daun pisang di wilayah Desa Argoyuwono, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jatim, usai terjadi erupsi Gunung Semeru, Minggu (4/12/2022). Foto: ANTARAHO-Pemerintah Desa Ampelgading

jpnn.com - JAKARTA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat pada Minggu (4/12) telah terjadi erupsi Gunung Semeru.

Erupsi disertai awan panas guguran di Gunung Semeru terjadi pada pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom erupsi mencapai 1.500 meter di atas puncak.

Status gunung di Jawa Timur itu pada Minggu ini telah dinaikkan dari Level 3 atau Siaga menjadi Level 4 atau Awas, terhitung mulai pukul 12.00 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menyatakan bahwa wilayah Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dilaporkan terjadi hujan abu dampak erupsi Gunung Semeru.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan mengatakan bahwa ada laporan hujan abu vulkanis erupsi Gunung Semeru di wilayah Kecamatan Ampelgading.

"Hanya abu saja yang masuk ke wilayah Malang, sama seperti tahun-tahun yang lalu. Ada laporan di wilayah Kecamatan Ampelgading," kata Sadono di Kabupaten Malang, Minggu.

Sadono menjelaskan, tidak ada kerusakan di wilayah Kecamatan Ampelgading akibat hujan abu vulkanis tersebut.

Gunung Semeru dilaporkan memuntahkan awan panas guguran pada Minggu (4/12) sejak pukul 02.46 WIB sejauh tujuh kilometer.

Erupsi Gunung Semeru menyebabkan hujan abu di wilayah Kabupaten Malang. Status Gunung Semeru naik menjadi level 4 atau Awas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News