Integrasikan Pasar Tradisional - Modern

Integrasikan Pasar Tradisional - Modern
Integrasikan Pasar Tradisional - Modern
JAKARTA - PD Pasar Jaya akan mengintegrasikan pasar tradisional dengan hunian semacam apartemen di beberapa lokasi pasar tradisional yang potensial. Direktur Utama PD Pasar Jaya  Uthand H Sitorus mengatakan, ada sekitar 75 dari 151 pasar tradisional yang dirasa cukup potensial untuk dibuat apartemen yang berintegrasi dengan pasar. Uthand menjelaskan, pasar-pasar tersebut dinyatakan sangat potensial karena letak yang strategis dan juga luasnya yang ideal.

Dia menambahkan, integrasi yang dilakukan tersebut hanya ingin mengembangkan pasar tradisional menjadi pasar modern. "Dengan ada hunian dia atas, maka pasar yang dibawahnya akan lebih maju," katanya di Balai Kota kemarin. Saat ini, dia melihat pasar-pasar yang terintegrasi dengan hunian pasar dibawahnya menjadi maju. Selain itu, saat ini peluang bisnis ke arah itu sangat bagus dan juga menyesuaikan pangsa pasar yang ada.

Untuk mewujudkannya, PD Pasar Jaya masih membutuhkan merevisi perda pasar jaya. Perda yang akan diubah, misalnya Perda 6/1992 dan 12/1999. Bila memang perda tersebut sudah direvisi maka bila PD Pasar Jaya ingin membangun fasilitas penunjang lainnya tidak lagi lewat dewan.Dia menjelaskan, dulu harus persetujuan dewan karena pasar jaya tupoksinya membangun dan mengoperasikan pasar. Ke depan, bukan cuma bangun pasar . Tapi, juga fasilitas lainnya seperti, hotel, perkantoran, apartemen.

Menurutnya, pengintegrasian tersebut juga dilakukan untuk pengoptimalan lahan pasar. "Saat ini, lahan kita enggak optimal. kalau pasar paling cuma tiga lantai. Kalau kita bangun lebih maka diatasnya sudah tidak laku," jelasnya. (wid)

JAKARTA - PD Pasar Jaya akan mengintegrasikan pasar tradisional dengan hunian semacam apartemen di beberapa lokasi pasar tradisional yang potensial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News