Intel Daerah Diminta Waspadai Kerawanan Pilkada

Intel Daerah Diminta Waspadai Kerawanan Pilkada
Intel Daerah Diminta Waspadai Kerawanan Pilkada
JAKARTA – Jajaran Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) menggelar rapat kerja nasional (rakornas) di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Senin (26/4). Rapat digelar antara lain dalam rangka menghadapi pelaksanaan pilkada 2010 yang digelar di 244 daerah.

Dalam acara tersebut, Mendagri Gamawan Fauzi mengingatkan adanya sejumlah kerawanan yang mungkin terjadi pada saat pelaksanaan tahap kampanye. “Yaitu adanya kampanye terselubung atau black campaign, fanatisme pendukung kandidat yang berlebihan sehingga rentan terjadinya konflik antarkelompok massa pendukung pasangan calon,” ujar Gamawan Fauzi di hadapan para wakil gubernur, wakil bupati, dan wakil walikota yang hadir di acara itu. Para wakil kepala daerah itu merupakan Kepala Kominda di daerah masing-masing.

Hal lain yang diingatkan Gamawan adalah bentuk-bentuk kegiatan tim sukses pendukung pasangan calon yang bersifat ancaman dan hasutan. Hal lain yang diingatkan Gamawan, indikasi adanya kelompok tertentu yang melakukan provokasi menggagalkan pilkada di suatu daerah, dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, seperti money politics.

Hal yang dinilai rawan juga terkait kemungkinan terjadinya perubahan jadwal  dan pelaksaan tahapan pilkada, yang dinilai merupakan salah satu cara dalam mendukung salah satu pasangan calon.

JAKARTA – Jajaran Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) menggelar rapat kerja nasional (rakornas) di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Senin (26/4).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News