IPA dan IPS Diganti Metode Tematik Integratif

Sistem Kurikulum Pendidikan SD Tahun 2013

IPA dan IPS Diganti Metode Tematik Integratif
IPA dan IPS Diganti Metode Tematik Integratif
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menjelaskan perubahan kurikulum baru 2013 nanti menggunakan metode tematik integratif. Sehingga, meski IPA dan IPS hilang dari kurikulum Sekolah Dasar (SD), kedua pelajaran tetap diajarkan kepada siswa.

"Semua konsen di SD yang ke depan menggunakan tematik integratif dalam setiap pelajaran. Jadi pelajaran didasarkan atas tema-tema. Tema tadi itu mengkait, dan mengintegrasikan beberapa mata pelajaran," kata Nuh di kantornya, Selasa (13/11) malam.

Dia mencontohkan pada mata pelajaran B Indonesia. Saat guru menjelaskan tema sungai,  maka di situ sudah sangat jelas bahwa sungai ada airnya. Dalam prosesnya siswa akan diajak langsung melihat air, kenapa sungai mengalir.

"Di situ masuk ke dalam IPA, karena ada beda tekanan. Air itu bersih, jernih, berarti bisa dipakai wudhu, karena harus pakai air yang suci. Soal resiko orang yang mencemari air, tarik ke kesehatan," jelas Nuh.

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menjelaskan perubahan kurikulum baru 2013 nanti menggunakan metode tematik integratif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News