IPW: Pakai Hp di Penjara, Napi Membayar

IPW: Pakai Hp di Penjara, Napi Membayar
IPW: Pakai Hp di Penjara, Napi Membayar
JAKARTA – Penggunaan telepon seluler atau handphone (HP) di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) oleh narapidana, dinilai bukan hal yang aneh.

“Dari pantauan IPW (Indonesian Police Watch) hampir semua napi (narapidana) di Lapas dan Rutan memakai HP, black berry, ipad bahkan laptop,” tegas Ketua Presidium IPW, Neta S Pane, kepada JPNN, Kamis (5/10), di Jakarta.

Dijelaskan Neta tentunya untuk itu semua tidaklah gratis. “Semuanya itu tentu tidak gratis. Ada (setoran) bulanan yang diberikan napi kepada oknum-oknum Lapas,” tegasnya.

Menurut dia, semua ini terjadi akibat tidak tegasnya Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) dalam mengawasi Lapas dan Rutan. “Menkumham hanya beretorika, sementara pengawasan terhadap Lapas dan Rutan sangat longgar. Semua ini akibat gagalnya sang menteri dalam menata kementeriannya,” kata Neta.

JAKARTA – Penggunaan telepon seluler atau handphone (HP) di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) oleh narapidana,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News