Iran Beri Lampu Hijau untuk IAEA

Iran Beri Lampu Hijau untuk IAEA
Iran Beri Lampu Hijau untuk IAEA
TEHERAN - Di tengah semakin kuatnya tekanan dunia atas program pengembangan nuklir Iran, Teheran mulai melunak. Setelah menolak delegasi Badan Energi Atom Internasional (IAEA) untuk menginspeksi fasilitas nuklir Iran di kompleks militer Parchin, pemerintahan Presiden Mahmoud Ahmadinejad akhirnya memberikan lampu hijau.

 

Saat Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu membahas nuklir Iran dengan Presiden AS Barack Obama, kemarin (6/3) Iran setuju untuk memberikan akses kepada tim inspeksi PBB dari IAEA ke fasilitas nuklir di Parchin yang terletak sekitar 30 kilometer tenggara Teheran.

"Parchin merupakan zona militer. Rangkaian izin untuk berkunjung ke lokasi tersebut cukup panjang dan tak bisa diberikan berkali-kali. Tetapi, setelah mempertimbangkan permintaan IAEA, kami memberikan kesempatan (untuk berkunjung) sekali," ujar pejabat Iran dalam pernyataan resmi yang dipublikasikan Kantor Berita ISNA kemarin.

Menurut Teheran, pemberian izin itu sebagai wujud dari iktikad baik Iran.  Dalam pernyataan tersebut, Iran akan mengundang IAEA untuk membahas lebih lanjut rencana kunjungan ke Parchin. "Kedua pihak perlu menyepakati beberapa hal sebelum kunjungan terwujud," tegas pejabat Iran dalam pernyataannya.

 

TEHERAN - Di tengah semakin kuatnya tekanan dunia atas program pengembangan nuklir Iran, Teheran mulai melunak. Setelah menolak delegasi Badan Energi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News