Iran pun Bisa Bocor

Oposisi Kritik Rezim Teheran

Iran pun Bisa Bocor
Iran pun Bisa Bocor
TEHERAN - Dokumen rahasia yang bocor melalui situs WikiLeaks juga dimanfaatkan oposisi Iran untuk menyerang rezim Teheran. Pemimpin oposisi Mir Hossein Mousavi menyatakan, dokumen milik situs yang didirikan Julian Assange tersebut menunjukkan posisi Iran yang lemah karena sama sekali tak memiliki sekutu di wilayah Teluk.

Kabel diplomatik yang dirilis WikiLeaks itu mengungkap adanya desakan dari sejumlah pemimpin negara Arab di kawasan Teluk yang meminta penghancuran program nuklir Iran. Mereka juga menunjukkan kekhawatiran akan kemungkinan terjadinya konflik regional.

"Dokumen-dokumen tersebut jelas menunjukkan posisi kita (Iran) yang rawan di tingkat regional. Sebuah situasi yang dibuat sendiri orang-orang dengan hanya bermodal keberanian," tulis Mousavi dalam sebuah komentar yang dirilis dalam laman situs oposisi Qalamsabz.

Mousavi menuduh Presiden Mahmoud Ahmadinejad menciptakan ketakutan, mempraktikkan diplomasi yang lemah, dan terlalu banyak memamerkan kekuatan militer. "Pemerintah tidak memedulikan hubungan konstruktif dengan negara-negara di tingkat regional. Dengan kebijakan seperti itu, kita tidak memiliki sekutu, bahkan dari negara-negara tetangga," kritik Mousavi.

TEHERAN - Dokumen rahasia yang bocor melalui situs WikiLeaks juga dimanfaatkan oposisi Iran untuk menyerang rezim Teheran. Pemimpin oposisi Mir Hossein

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News