Iwan Bule Dilantik untuk Apa? Pilkada Jabar Aman Aja Kok

Iwan Bule Dilantik untuk Apa? Pilkada Jabar Aman Aja Kok
Ilustrasi pelantikan Komjen Pol M Iriawan jadi Pj Gubernur Jabar. (Foto: Ist/jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Kritik keras dilontarkan Wakil Ketua DPR Fadli Zon terkait pelantikan Komjen Mohammad Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Fadli bahkan menyebut mantan Kapolda Metro Jaya itu sengaja dimutasi sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) untuk memuluskan skenario pemerintah menjadikannya sebagai pemimpin Jabar.

Dia menyatakan alasan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono yang menyebut Komjen Mohammad Iriawan kini bukan lagi perwira aktif di lingkungan Mabes Polri, karena sedang menjabat Sestama Lemhanas, adalah alasan mengada-ada.

"Alasan itu hanya mengonfirmasi sejak awal yang bersangkutan memang sudah diplot harus jadi Pj Gubernur Jawa Barat. Sehingga, mutasi yang bersangkutan dari Mabes Polri ke Lemhanas pada Maret silam hanya dilakukan untuk memuluskan rencana Kemendagri saja," ucap Fadli dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta.

Waketum Gerindra itu menambahkan bahwa ditunjuknya nama Mohammad Iriawan tentu saja memunculkan pertanyaan.  Dia mempertanyakan alasan pemerintah bersikukuh menjadikan pria yang akrab disapa Iwan Bule itu sebagai Pj Gubernur Jawa Barat.

"Apa motifnya? Dulu alasannya pilkada rawan, tapi sejauh ini pilkada Jabar aman-aman saja," pungkas Fadli.(fat/jpnn)


Fadli Zon mempertanyakan alasan pemerintah mengangkat Komjen Mohammad Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News