Izinkan Chen ke AS dengan Status Mahasiswa

Izinkan Chen ke AS dengan Status Mahasiswa
Izinkan Chen ke AS dengan Status Mahasiswa
BEIJING - Hubungan diplomatik Amerika Serikat-Tiongkok yang sempat memburuk karena perlindungan politik yang diberikan kepada aktivis Chen Guangcheng telah menemukan jalan tengah. Pemerintah Tiongkok mengusulkan agar pengacara tunanetra tersebut mengajukan aplikasi untuk sekolah ke luar negeri.

 

Namun, sebagian pihak memberikan catatan terkait dengan begitu cepatnya pengambilan keputusan terhadap isu yang menuai kontroversi terhadap kepemimpinan pemerintahan Tiongkok. Dikhawatirkan, sikap lunak terhadap Chen akan membahayakan kekuasaan Partai Komunis.

 

Pengumuman oleh Kementerian Luar Negeri tersebut menyusul drama dan permohonan publik Chen yang ingin menghabiskan beberapa waktunya ke depan di Amerika Serikat. Chen berbicara melalui telepon dalam sebuah rapat kongres AS untuk membahas kasusnya.

 

"Chen Guangcheng terakhir masih dirawat di rumah sakit," terang Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Liu Weimin dalam pernyataan singkat.

 

BEIJING - Hubungan diplomatik Amerika Serikat-Tiongkok yang sempat memburuk karena perlindungan politik yang diberikan kepada aktivis Chen Guangcheng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News