Jadi UMKM Binaan Jamkrindo, Perajin Perak di Yogyakarta: Usaha Kami Meningkat  

Jadi UMKM Binaan Jamkrindo, Perajin Perak di Yogyakarta: Usaha Kami Meningkat  
Direktur Utama PT Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan saat mengunjungi mitra binaan PT Jamkrindo, pemilik usaha Nur Silver, pada Sabtu (16/10). Foto dok Jamkrindo

jpnn.com, YOGYAKARTA - PT Jamkrindo memberikan dukungan terhadap pengembangan kerajinan perak melalui berbagai program keberlanjutan, untuk meningkatkan kapasitas usaha pelaku UMKM.

Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain, pendampingan UMKM dan program pendanaan usaha mikro dan kecil (PUMK), yang merupakan bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan.

Direktur Utama PT Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan mengatakan perusahaan telah membina banyak pelaku UMKM di Yogyakarta, yang mayoritas terlibat dalam sektor industri kreatif.

”Seperti kita tahu Yogyakarta telah menjadi rumah bagi pelaku industri kreatif untuk mengembangkan usahanya dan kami percaya visi pemerintah untuk menjadikan Yogyakarta sebagai The City of Creative dapat berjalan dengan baik dengan dukungan dari berbagai pihak,” ujar Putrama saat mengunjungi mitra binaan PT Jamkrindo, Nur Silver, pada Sabtu (16/10).

Salah satu pegiat industri kreatif kerajinan perak Yogyakarta, yang menjadi mitra binaan Jamkrindo yakni Nur Purwanto pemilik usaha Nur Silver.

Dia telah menjalankan usahanya sejak 1985 dan menjadi generasi ketiga penerus usaha kerajinan tangan silver di Jalan Kemasan No 69 Kotagede.

Produk silver/plated yang dijual oleh Nur Silver antara lain piring, mangkok, sendok/garpu makan, bros, cincin, miniatur borobudur, kapal, becak, dan andong, kerajinan tersebut diproduksi rumahan.

”Kerajinan silver merupakan budaya turun temurun sejak berdirinya keraton di Yogyakarta,” ujar Purwanto.

PT Jamkrindo telah membina banyak pelaku UMKM di Yogyakarta, yang mayoritas terlibat dalam sektor industri kreatif.