JPNN.com

Jadikan Sekolah Berbasis Lingkungan

Selasa, 02 Februari 2010 – 02:18 WIB Jadikan Sekolah Berbasis Lingkungan - JPNN.com
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mengembangkan sekolah berbasis lingkungan melalui program Sekolah Adiwiyata. Program itu dilakukan bersama Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

Mendiknas Mohammad Nuh mengatakan, sejatinya program itu telah berjalan sejak 2006. Kemendiknas berkeinginan untuk mengembangkan program tersebut baik dari sisi jumlah maupun kualitas. "Kami berikan penghargaan kepada sekolah-sekolah Adiwiyata. Kami juga akan mengembangkan adiwiyata baru, sehingga jumlahnya bertambah banyak," ujar Mendiknas usai penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) tentang Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Menteri Negara Lingkungan Hidup Muhammad Hatta, Senin (1/2).

Mendiknas mengatakan, problem lingkungan hidup tidak cukup hanya dibahas dalam tataran ideologi. Yang penting, kata Nuh, adalah menerjemahkan ideologi itu dalam perilaku praktis yang langsung dapat dirasakan manfaatnya. Salah satunya ialah melalui penguatan institusi Pusat Studi Lingkungan (PSL).

Saat ini katanya, sudah ada 32 PSL yang tersebar di berbagai universitas. "Kami, kawan-kawan kementerian sudah sepakat. Jadi MoU ini tidak sekadar tekenan. Kami sepakat untuk ikut mulai membangun ideologi sampai ke langkah-langkah praktis," ujar Nuh.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...