Jagung PYCH Bakal jadi Label, Bukti Hasil Pemberdayaan Masyarakat

Jagung PYCH Bakal jadi Label, Bukti Hasil Pemberdayaan Masyarakat
Papua Youth Creative Hub (PYCH) akan menjadi label semua produk turunan atau hasil olahan jagung hasil panen masyarakat binaan Papua Youth Creative Hub. Foto dok PYCH

jpnn.com, PAPUA - Papua Youth Creative Hub (PYCH) akan menjadi label semua produk turunan atau hasil olahan jagung hasil panen masyarakat binaan Papua Youth Creative Hub.

Budidaya jagung menjadi salah satu program yang digencarkan PYCH binaan Badan Intelijen Negara (BIN), sebagai salah satu upaya menyejahterakan masyarakat dan meningkatkan ketahanan pangan Papua.

Sejumlah kelompok petani binaan telah berhasil panen jagung beberapa kali, salah satunya di kawasan Kampung Kwadeware dan Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, Kab. Jayapura, Papua.

Panen dilakukan di lahan 7,5 Ha dengan hasil sekitar 16,1 ton. Diperkirakan panen berikutnya akan dilakukan lagi pada Mei 2023.

Total lahan yang tersedia di Distrik Waibu seluas 83,64 hektar.

Koordinator PMI Kab. Jayapura, Daud Edison Yarisetouw menjelaskan, hasil panen akan dibeli oleh CV Tripilar Perkasa untuk dijadikan pakan ayam.

Produk pakan ayam nanti akan dikemas dengan label PYCH. CV Tripilar Perkasa ini milik anggota PMI yang didalamnya telah memberdayakan banyak masyarakat.

Ada 105 orang yang terbagi dalam 7 kelompok dalam pengelolaan jagung tersebut. Hasil penjualan panen itu akan dinikmati oleh mereka.

Budidaya jagung menjadi salah satu program yang digencarkan PYCH binaan Badan Intelijen Negara (BIN), sebagai salah satu upaya menyejahterakan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News