Jaksa Agung Akan Pecat 11 Jaksa Nakal

Jaksa Agung Akan Pecat 11 Jaksa Nakal
Jaksa Agung Akan Pecat 11 Jaksa Nakal
JAKARTA - Dalam waktu dekat, Jaksa Agung Hendarman Supandji akan mengeluarkan Surat Keputusan mengenai pemecatan 11 jaksa. Saat ini, ke-11 jaksa yang tersebar di sejumlah daerah itu sedang menjalani persidangan yang digelar majelis kehormatan jaksa.

"Terdapat 11 orang jaksa yang akan diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai negeri," ujar Jaksa Agung Hendarman Supandji saat rapat kerja dengan Komisi III DPR di Senayan.

Ke-11 jaksa itu adalah Rb, Kasubsitut Kejari Waikabubak, yang sekarang Kasi Pidsus Kejari Muara Tebo. Yang lain yakni Sfw (jaksa fungsional Kejati Sumbar), Jop (jaksa fungsional Kejari Poso), Cd (jaksa fungsional Kejari Tarutung), Nh (Kasubsitut Kejari Banjar), Dhn (jaksa fungsional Kejari Pematang Siantar), Bj (jaksa fungsional pada Jampidsus Kejagung), Tsh (jaksa pada Kejati NTT), Umd (jaksa pada Kejati NTB), Rh (Kasi Intel Kejari Jayapura), Dan Strhs (jaksa fungsional pada Kejari Kerawang).

Herdarman menjelaskan, ke-11 jaksa itu disidang dalam berbagai kasus berdasar laporan pengaduan (lapdu) dari masyarakat. Dari Januari 2007 hingga Mei 2008, pihaknya menerima sebanyak 679 lapdu. Dari jumlah itu, 525 lapdu telah diselesaikan, sisanya 154 masih dalam proses penanganan. Dari pemeriksaan, dari 525 lapdu itu 154 terbukti dan yang tidak terbukti 371.

Dari 154 lapdu yang terbukti, sebanyak 200 pegawai kejaksaan telah diberikan sanksi sesuai ketentuan PP No.30 Tahun 1980 tentang disiplin PNS. Dari 200 orang itu, 139 diantaranya jaksa, dan 61 orang pegawai tata usaha. Jumlahnya mencapai 200 orang lantaran satu lapdu bisa menyangkut lebih dari satu orang terlapor.

Sementara, pejabat eselon II dan III yang dijatuhi hukuman berat dari Januari 2007 hingga Mei 2008 sebanyak 15 orang. Yakni Kajati 1 orang, Wakajati 2 orang, Direktur 1 orang, Asisten Kejati 2 orang, Kajari 10 orang, dan Kasubdit 1 orang. (sam/JPNN)

JAKARTA - Dalam waktu dekat, Jaksa Agung Hendarman Supandji akan mengeluarkan Surat Keputusan mengenai pemecatan 11 jaksa. Saat ini, ke-11 jaksa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News