Jalan Nasional, Serap 54 Ribu Pekerja

Jalan Nasional, Serap 54 Ribu Pekerja
Jalan Nasional, Serap 54 Ribu Pekerja
JAKARTA-Dana stimulus sebesar Rp1,7 triliun untuk jalan nasional yang akan diterima Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen PU diperkirakan akan menyerap 54 ribu tenaga kerja. ”Anggaran APBN 2009 yang diterima Bina Marga sebesar Rp1,7 triliun ditambah dengan dana stimulus akan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 600 ribu orang baik tenaga kerja langsung maupun tenaga kerja tidak langsung,” kata Dirjen Bina Marga Hermanto Dardak di Jakarta (27/3).

Lebih lanjut ia mengatakan dari Rp1,7 triliun anggaran Bina Marga tahun ini, sebanyak 75 persen paket pekerjaannya telah ditandatangani kontrak sehingga pekerjaan konstruksi sudah dapat dimulai. Sementara sisanya sedang dalam tahap persiapan tender maupun persiapan tanda tangan kontrak.

Menurutnya dana stimulus sebesar Rp1,7 triliun akan digunakan untuk mempercepat penyelesaian jalan nasional terutama jalan yang kondisinya memang sudah memerlukan rekonstruksi karena umur jalan telah habis. ”Sebelumnya jalan ini hanya kita tangani melalui perbaikan penunjang agar jalan ini tetap baik dalam tahun ini,” tambahnya.

Dana stimulus ini juga akan digunakan untuk mendukung proyek-proyek jalan nasional yang dapat diselesaikan dalam tahun ini seperti penyelesaian jalan pantai timur Sumatera yang akan mendukung fungsi jalan lintas timur seluruhnya, penyelesaian beberapa flyover untuk mengurangi kemacetan seperti Flyover Amplas di Medan dan penyelesaian ruas jalan Manokwari-Sorong.

JAKARTA-Dana stimulus sebesar Rp1,7 triliun untuk jalan nasional yang akan diterima Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen PU diperkirakan akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News