Jalan Rusak Tidak Selalu Karena Ada Beban Berlebih, Dosen ITB Ini Beri Penjelasan Begini

Jalan Rusak Tidak Selalu Karena Ada Beban Berlebih, Dosen ITB Ini Beri Penjelasan Begini
Kondisi jalan rusak di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan. (ANTARA/Riadi Gunawan)

jpnn.com, JAKARTA - Dosen Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) Sony S. Wibowo mengungkap sejumlah penyebab terjadinya kerusakan jalan di berbagai tempat seperti yang sering terjadi selama ini.

Menurutnya, kerusakan jalan yang terjadi tidak selalu disebabkan karena adanya beban berlebih yang melewatinya. Dia mengatakan pengaruh beban berlebih pada jalan itu baru akan terasa dalam satu tahun ke depan.

“Banyak orang mengatakan jalan rusak lalu berkilahnya itu karena beban, itu tidak benar. Kalau jalan itu dibangun dengan benar, pengaruh beban berlebih pada jalan itu baru terasa setahun kemudian. Jadi, tidak langsung rusak seperti yang sering terjadi selama ini,” ujarnya.

Dia menuturkan ada beberapa aspek yang bisa menyebabkan masalah kerusakan jalan. Di antaranya karena kualitas pekerjaannya, kualitas materialnya dan juga karena beban.

Namun, katanya, kalau suatu jalan itu rusak karena beban, itu biasanya terjadinya tidak segera.

“Jadi, misalnya jalan yang baru saja diperbaiki kemudian dalam waktu 2-3 bulan sudah rusak, itu hampir dipastikan bukan karena beban. Itu hampir dipastikan karena kualitas pekerjaan atau juga penggunaan material yang buruk, atau dua-duanya. Sudah materialnya buruk, kualitas pekerjaannya juga jelek,” kata Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Jawa Barat ini.

“Kami yang lulusan teknik sipil lebih tahu soal hal itu. Kalau misalnya jalan itu rusak bisa kelihatan, rusaknya itu karena kualitas bahan, rusak karena pekerjaannya yang buruk atau rusak karena beban. Itu karena jenis kerusakannya beda,” tambahnya.

Namun, untuk masyarakat awam, menurut Sony, mereka tidak memahami bahwa jalan-jalan berlubang itu bukan otomatis karena beban yang berlebih tapi juga bisa karena kualitas pekerjaan dan material yang digunakan.

Dosen Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung Sony S. Wibowo mengungkap sejumlah penyebab terjadinya kerusakan jalan di berbagai tempat yang ada di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News