Rabu, 20 Februari 2019 – 21:01 WIB

Jalan Tol Sedikit, Dahlan Malu

Rabu, 20 Februari 2013 – 13:36 WIB
Jalan Tol Sedikit, Dahlan Malu - JPNN.COM

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku malu dengan kondisi infrastruktur di Indonesia. Salah satunya adalah jalan tol. Dahlan menilai jumlah jalan tol di Indonesia masih terbilang sedikit.

"Malu Indonesia jalan tolnya sedikit," ujar Dahlan di Kementerian BUMN, Rabu (20/2). Untuk itu, mantan Dirut PLN ini meminta Hutama Karya segera mengerjakan proyek tol Sumatera paling lambat pada semester II tahun ini.

Selain itu Dahlan juga meminta Hutama Karya agar tidak tergantung pada skema pembiayaan yang menggunakan penyertaan modal negara (PMN). Dahlan lebih mendorong Hutama Karya untuk mencari permodalan dengan cara lain. Misalnya, menerbitkan surat utang atau obligasi.

"Pokoknya harus jalan saja. Saya minta mulai saja, tidak usah nunggu pembicaraan antar lembaga yang panjang, terserah lewat obligasi silakan," paparnya.

Untuk tahap awal, Dahlan menganjurkan dari rencana 22 ruas sepanjang 2.700 km proyek tol trans Sumatera, Hutama Karya bisa mengambil 3 ruas tol yang memiliki tingkat pengembalian investasi atau Internal Rate of Return (IRR) di atas 13 persen.

"Jangan mikirin bikin 22 ruas, tiga ruas saja dulu dijalankan, itu kan sudah cukup baik. Hutama Karya mampulah. IRR di atas 13 persen seperti Medan-Binjai, Medan-Tebing Tinggi, Bakahueni-Lampung, dan Palembang-Indralaya," pungkas pria yang kerapengenakan sepatu kets ini. (chi/jpnn)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar