Jalur Layang Kereta Api Medan-Kualanamu Segera Beroperasi

Jalur Layang Kereta Api Medan-Kualanamu Segera Beroperasi
Jalur layang kereta api yang melintang di atas ruas jalan salah satu Kota Medan. Akhir Desember 2018 jalur layang kereta api Medan-Kualanamu sudah siap beroperasi. Triadi Wibowo/Sumut Pos

jpnn.com, MEDAN - Kasubag Tata Usaha Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara, Oktaviandy Ali mengatakan jalur layang Kereta Api Medan-Kualanamu ditargetkan beroperasi akhir Desember mendatang.

Sekarang ini, pihaknya tengah melakukan pemasangan rel pada jalur layang kereta api (KA) Stasiun Besar Medan-Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA) Kabupaten.

“Sedang pemasangan rel di atas dan penyelesaian pemasangan box girder 40 span lagi,” ungkap Oktaviandy Ali kepada Sumut Pos, Minggu (7/10) siang.

Ali mengungkapkan, pihaknya menargetkan di bulan Desember 2018 ini bisa dioperasikan keseluruhan untuk untuk menunjang opersionalnya kereta Railink. Namun, kondisi fisik pembangunan ?jalur layang kereta api belum 100 persen.

”Untuk pekerjaan jalur Kereta Api sudah 91 persen totalnya saat ini. Pembangunan fisik tengah dilakukan dengan waktu sudah ditentukan untuk dioperasikan,” paparnya.

Disinggung soal kendala pada jalur layang kereta api tersebut, Ali mengaku, karena akses yang terbatas. Tapi, hal tersebut bukan kendala untuk pembangunan jalur layang ketera api itu.”Lokasi kerja berada di atas jalur rel aktif. Jadinya, untuk box girder harus double handling dan dilakukan secara berhati-hati,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Utara, Fakhrul Rivai Hasibuan menyebutkan, pihaknya juga tengah melakukan pengerjaan untuk pembangunan stasiun bagi kereta api layang akan kereta api Rallink Indonesia atau disebut dengan kereta api bandara.

“Iya, termasuk melakukan pembangunan Depo juga yang ada di Pulo Brayan. Kita lagi kerjar progres semua untuk penyelesaian pengerjaannya,”jelas Fakhrul.

Kasubag Tata Usaha Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumut, Oktaviandy Ali mengatakan jalur layang KA Medan-Kualanamu ditargetkan beroperasi akhir Desember.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News