Jalur Menuju Mina Macet Total

Jalur Menuju Mina Macet Total
Jalur Menuju Mina Macet Total
ARAB SAUDI - Memasuki musim haji seperti sekarang ini membuat jalanan di jalur ibadah di Arab Saudi semakin sesak. Seperti yang terjadi kemarin saat berjuta-juta jamaah haji dari berbagai negara berbondong-bondong menuju Mina untuk melakukan mabit (berdiam diri).

Sejak tengah malam ribuan jamaah haji sudah berebut menuju Mina menggunakan bus-bus yang disediakan pemerintah Arab. Sementara jamaah haji non kuota (tidak resmi) memilih menggunakan kendaraan omprengan meskipun dengan tarif yang sangat mahal. Maklum ritual mabit hanya bisa dilakukan hingga waktu subuh.

Seorang jamaah mukimin dari Jeddah, Teguh Sidiq mengaku harus segera menuju Mina sehabis melakukan tawaf di Masjidil Haram. Dia ditawari naik kendaraan "plat hitam" mobil sedan dengan tarif 500 riyal untuk menuju Mina malam itu juga. "Soalnya kalau musim haji seperti ini saptco (saudi public transportasi), damri-nya Arab, nggak beroperasi karena banyak dipakai mengangkut jamaah haji kuota," tambahnya.

Setelah mencari-cari akhirnya Teguh mendapatkan tumpangan sebuah mobil jip GMC dengan tarif 30 riyal per orang. Padahal kalau hari biasa tarif bis dari Mekkah ke Mina hanya 2 riyal. "Itu harganya sudah sangat murah dibanding yang lain,mungkin karena yang punya mobil kasihan kita bawa bayi," ungkap pria asal Semarang, Jawa Tengah itu.

ARAB SAUDI - Memasuki musim haji seperti sekarang ini membuat jalanan di jalur ibadah di Arab Saudi semakin sesak. Seperti yang terjadi kemarin saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News