Jalur Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Dibuka Kembali, Ini Cara Daftarnya

Jalur Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Dibuka Kembali, Ini Cara Daftarnya
Puncak Gunung Merapi. Ilustrasi Foto: ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

jpnn.com, PASURUAN - Unit Pengelola Teknis (UPT) Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo membuka kembali dua jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang di Jatim.

Dua jalur itu antara lain Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, dan jalur Tretes Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Ahmad Wahyudi dari UPT Tahura Raden Soerjo, mengatakan dua jalur itu dibuka mulai hari ini, 12 Oktober 2020, usai dilakukan evaluasi pendakian Gunung Arjuno-Welirang. "Pembukaan jalur ini merupakan hasil dari evaluasi dari tim Pemkab Pasuruan," kata Wahyudi.

Wahyudi melanjutkan, penerapan protokol kesehatan bagi para pendaki, harus dilaksanakan secara penuh.

Beberapa ketentuan yang diatur di antaranya adalah para pendaki harus melakukan pendaftaran online melalui laman resmi https://sipenerang.tahuraradensoerjo.or.id dalam upaya untuk mengurangi interaksi antara pendaki dan petugas.

Kemudian jumlah maksimum para pendaki dalam kawasan ditetapkan sebanyak 500 orang, dari total kapasitas hingga 2.500 orang, atau belum ada penambahan kuota sejak dibuka pada awal September 2020.

Selain itu untuk rombongan pendaki yang jumlahnya lebih dari sepuluh orang, wajib menyertakan hasil uji cepat Covid-19. 

Protokol kesehatan lainnya, para pendaki wajib menggunakan masker dan membawa cairan pembersih tangan. Selain itu, penggunaan satu tenda hanya bisa dilakukan untuk satu orang pendaki.

Penerapan protokol kesehatan bagi para pendaki harus dilaksanakan secara penuh di jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News