Jangan Kaget! Harga BBM Pertamina Ini Naik, Cek Daftarnya

Jangan Kaget! Harga BBM Pertamina Ini Naik, Cek Daftarnya
Prosesi pengisian Pertamax Turbo di SPBU MT Haryono, Sabtu (14/4). (Foto: ridho/jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) resmi melakukan penyesuaian harga untuk dua jenis bahan bakar yang mereka jual, yakni Pertamax Turbo dan Pertamina Dex, Minggu (19/9).

Berdasarkan pengumuman di halaman resmi Pertamina, kenaikan harga tersebut ternyata sudah dimulai sejak 18 September 2021.

Untuk harga Pertamax Turbo naik dari Rp 9.850 per liter menjadi Rp 12.300 per liter.

Selanjutnya, harga Pertamina Dex naik dari Rp 10.200 per liter menjadi Rp 11.150 per liter.

Harga dari kedua jenis BBM tersebut akan berbeda di sejumlah daerah.

Penyesuaian harga BBM tersebut sesuai dengan aturan pemerintah melalui Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

"Penyesuaian ini dilakukan mengikuti perkembangan terkini dari industri minyak dan gas," kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero), Putut Andriatno dalam keterangan tertulis, di Jakarta.

Untuk jenis lain, seperti Pertalite, Pertamax, dan Dexlite harganya masih sama.

PT Pertamina (Persero) resmi melakukan penyesuaian harga untuk dua jenis bahan bakar minyak (bbm) yang mereka jual, yakni Pertamax Turbo dan Pertamina Dex, Minggu (19/9).