Senin, 17 Desember 2018 – 06:11 WIB

Jangan Sekadar Cantik Saja

Kamis, 11 Januari 2018 – 10:31 WIB
Jangan Sekadar Cantik Saja - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Perawatan menjaga kecantikan memang penting, namun, jangan lupa juga untuk memperhatikan aspek kesehatan. Salah satu caranya bisa dengan melihat bahan kosmetik yang digunakan. Apakah sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing? Hal itu yang dikatakan dr Ratna Yuliarviana saat mengisi gathering media di Hayyu Syar'i Skin Clinic.

Sebab, jika salah memilih kosmetik, alih-alih lebih cantik, bahan sembarangan justru bisa merusak kulit. Karena itu, setiap perempuan wajib mengetahui karakteristik kulit masing-masing. Kalau sudah tahu, mereka baru bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. ''Setiap orang berbeda,'' jelas Ratna.

Dia selalu menyarankan menggunakan bahan alami, apa pun jenis kulitnya. Dia memberikan trik untuk mengenali produk perawatan yang berbahan tidak alami. Bahan itu kerap menimbulkan efek ketagihan. Rasanya ingin terus-menerus melakukan perawatan. ''Kalau produk itu mengubah wajah, tidak diperbolehkan dalam agama,'' paparnya.

Ratna menunjukkan salah satu jenis perawatan dengan bahan alami. Sambil menjelaskan, dia langsung mempraktikkan pada model. Yakni, hot stone acupressure. Batu-batu alam ditempelkan di wajah selama 15 menit. Selama itu muka dipijat. Ratna mengungkapkan, batu alam termasuk produk alami yang dimaksud. Penampilan batu alam mampu membuat pikiran tenang. Ada sensasi relaksasi yang dirasakan.

Dia menekankan bahwa perawatan sebaiknya dilangsungkan sejak remaja. Lebih rutin lagi saat perempuan menginjak usia 25 tahun. Sebab, terjadi antiklimaks pada fungsi kulit di usia itu. ''Memang belum terlihat. Tapi, kalau tidak dijaga, efeknya panjang sampai tua nanti,'' paparnya. 

Mereka bisa melakukan perawatan setidaknya sekali dalam sebulan. Langkah tersebut, lanjut Ratna, termasuk investasi untuk masa mendatang. (bri/c15/tia/jpnn/pda)

SHARES
TAGS   Kosmetik
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar